Lokakarya

Pada hari ini, Rabu tanggal 15 Maret 2017, Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur 1 Lembaga Administrasi Negara (PKP2A 1 LAN) menyelenggarakan Lokakarya Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa di Gedung Serba Guna PKP2A I LAN Jl. Kiara Payung Jatinangor Kabupaten Sumedang. Tema dari lokakarya ini adalah Menyongsong Kemandirian Desa melalui Kolaborasi dan Sinergi Multi-Stakeholders.”

Lokakarya Peningkatan Kapasitas Pemerintahan di Daerah ini bertujuan untuk menginspirasi dan menstimulasi aparatur desa dalam melakukan pengelolaan desa secara strategis, inovatif, sinergis dan kolaboratif dalam implementasi UU No. 6/ 2014 sehingga desa dapat mandiri. Adapun narasumber yang hadir dalam lokakarya ini adalah:

  1. Kepala Lembaga Administrasi Negara, Dr. Adi Suryanto, M. Si yang akan menyampaikan sambutan kunci berjudul Menyongsong Kemandirian Desa Melalui Kolaborasi Dan Sinergi Multi-Stakeholders.
  2. Inovator E-Budgeting dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Banyuwangi, DrSuyanto Waspo Tondo W, M.Si. yang akan menyampaikan tentang Penguatan Akuntabilitas, Sinergitas Pemerintah Desa dan Supradesa, Transparansi dan Partisipasi Masyarakat melalui E-Village Budgeting.
  3. Kepala Desa Majasari, Kabupaten Indramayu, Wartono, S. Pd, M. Si yang akan menyampaikan tentang Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Di Desa Majasari.
  4. Direktur Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa, Dr. Drs. Andi Ony P., M.Si yang akan menyampaikan tentang Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa.
  5. Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Anwar Sanusi, Ph. D yang akan menyampaikan tentang Kebijakan pengelolaan dana desa dalam mewujudkan inovasi desa yang berkembang dan mandiri dan inovatif.
  6. Pemerhati Desa, Dr. Sutoro Eko Yunanto yang akan menyampaikan tentang Rekonstitusi Desa: Kemandirian, Kerakyatan dan Kemakmuran.
  7. Deputi Inovasi Administrasi Negara, Lembaga Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, MA yang akan menyampaikan tentang Model Inovasi Desa untuk Optimalisasi Dana Desa.

Adapun komposisi dari peserta yang berasal dari berbagai daerah ini adalah sebagai berikut :

  1. Para kepala desa dan perangkat desa di wilayah Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Garut dan Kabupaten Sukabumi.
  2. Camat di wilayah Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Garut dan Kabupaten Sukabumi.
  3. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di wilayah Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Provinsi Bali.
  4. Kepala Bagian Organisasi di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.
  5. Kepala Bagian Pemerintahan di wilayah Provinsi Jawa Tengah.
  6. Akademisi pada universitas-universitas di wilayah Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.
  7. Widyaiswara dan peneliti di kementerian, lembaga non kementerian dan wilayah Provinsi Jawa Barat.                    Terselenggaranya Lokakarya Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa dalam menghadapi permasalahan, menciptakan ide-ide sinergis, strategis, inovatif dan kolaboratif untuk pengelolaan dana desa. Serta mendorong para stakeholders untuk berkolaborasi dan bahu membahu menjawab tantangan dari amanat UU Desa.

Tentang Kushandayani

Lahir di Purwokerto, alumni SMA 2 Purwokerto angkatan 1981. Alumni Fisip Undip 81, bekerja sebagai dosen di almamater sejak 1986.
Tulisan ini dipublikasikan di Catatan Kaki. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *