Hasil Penelitian Community Governance

ABSTRAKSI

(Kushandajani, Penelitian “Aplikasi Community Governance dalam Pengelolaan Program Penanggulangan Kemiskinan”, 2012)

Kata Kunci: komunitas, kepemerintahan, kepemimpinan komunitas, penguatan komunitas, kepemilikan komuitas.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian yang mendalam terhadap konsep commmunity governance. Perubahan paradigma kepemerintahan, dari government menuju governance, telah mendorong berbagai perubahan dalam tata kelola pemerintahan. Manakala ada tuntutan masyarakat terhadap hal-hal tertentu namun pemerintah tidak serta merta mampu memenuhi, maka akan tumbuh keswadayaan masyarakat untuk bekerjasama memenuhi kebutuhan bersama tersebut. Disinilah arti pentingnya menumbuhkembangkan keberadaan commmunity governance. Tujuan utama penelitian ini memberikan gambaran aplikasi community governance dalam pengelolaan program penanggulangan kemiskinan, utamanya pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perkotaan (PNPM-MP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa BKM Matra sebagai community mampu menjalankan fungsi governance, melalui aplikasi ketiga dimensi: Community Leadership, Community Empowerment, maupun Community Ownership. Dari dimensi community leadership terlihat BKM Matra mampu membangun visi dan pemahaman bersama, menumbuhkembangkan partisipasi,  menumbuhkan perilaku kooperatif, dan membangun kerjasama. Aplikasi Community Empowerment dapat dilihat dari bagaimana komunitas dalam mengakses modal ekonomi dan membangun sumberdaya pelaksana program. Realisasi Community Ownership memperlihatkan bagaimana komunitas mampu menumbuhkan kepedulian dan tanggungjawab terhadap program, mampu mendorong tumbuhnya nilai saling menyokong di dalam komunitas, dan mengembangkan nilai penghargaan terhadap perbedaan dan keanekaragaman di dalam komunitas.

Tentang Kushandayani

Lahir di Purwokerto, alumni SMA 2 Purwokerto angkatan 1981. Alumni Fisip Undip 81, bekerja sebagai dosen di almamater sejak 1986.
Tulisan ini dipublikasikan di Karya/Publikasi. Tandai permalink.

3 Respon untuk Hasil Penelitian Community Governance

  1. Amud Soenarya berkata:

    Ibu saya mau tanya terkait Community Governance…mengapa community governance di Indonesia tidak bisa berkembang?

  2. Amud Soenarya berkata:

    Ibu saya mau tanya..mengapa Community Governance di Indonesia tidak berkembang?

    • Kushandayani berkata:

      Sebenarnya community governance sudah berkembang sangat pesat di Indonesia, terutama jika ada pioner di komunitas-komunitas tes. Konsep ini sangat berhubungan dengan konsep social capital. Kecenderungannya adalah jika social capital menguat maka community governance menguat pula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *